12 Desember 2022 9:21 pm

YUK KETAHUI,CIRI-CIRI DOMBOS DAN PERAWATANNYA

YUK KETAHUI,CIRI-CIRI DOMBOS DAN PERAWATANNYA
Domba Wonosobo atau dombos merupakan persilangan antara jenis texel dengan lokal tepatnya ekor tipis. Biasanya digunakan untuk pedaging dan juga kontes, dimana semuanya sangat menguntungkan peternak.
Perawatan Domba Wonosobo Atau Dombos Poin utama yang harus diperhatikan agar tumbuh sehat adalah sistem perawatannya. Harus benar, jangan sampai ada yang terlewat sama sekali. Mulai dari pakannya, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya.
Domba Wonosobo atau dombos ini sendiri akan ditambahkan dengan polar atau singkong, bila saat makan terlihat kurang lahap. Penambahan obat serta vaksin juga harus dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit.
Maka dari itu, biasanya para petani akan menambahkan obat cacing dalam metode perawatannya. Takarannya kurang lebih 3 ml, biasanya diberikan hanya pada satu domba saja dalam kurun waktu 1-3 bulan. Tetapi, jika kondisinya terlihat tidak sehat dan sudah terserang penyakit, maka segera diberikan obat yang sesuai gejala. Selain itu, pisahkan dengan lainnya.
Hal ini sebagai upaya agar domba Wonosobo atau dombos yang lain tetap dalam kondisi sehat. Karena, sakit biasanya tidak lama hewan lainnya juga ikut terserang, maka dari itu harus diperhatikan benar. Bila perlu pengecekan tubuh dilakukan setiap hari, dengan begini kondisinya dapat terpantau setiap saat. Jangan lupa juga pemberian vitamin bila perlu ditambah lagi agar daya tahannya cukup bagus.


Ciri Domba Wonosobo yang Dapat Dilihat

Domba Wonosobo atau dombos memiliki beberapa ciri khas yang bisa dilihat. Bagi yang ingin membelinya, maka harus diperhatikan dulu bagaimana ciri-ciri lengkapnya seperti di bawah ini
  1. Mula dari bulu dominan putih, termasuk kuku terlihat putih belang hitam
  2. Bagian lainnya adalah tidak ada tanduknya sama sekali baik itu jantan atau betina
  3. Sementara itu untuk bentuk telinganya terlihat kecil, dan kalau diperhatikan lebih dalam lagi seperti kesamping
  4. Garis muka juga tampak cembung
  5. Bentuk tubuhnya besar dan juga panjang


Domba Wonosobo atau dombos itu sendiri memiliki berat kurang lebih 13 kilogram untuk jantan, sementara induk kurang lebih 5 kg. Tidak heran bila harganya sendiri memang cukup tinggi.
Untuk indukan saja berusia 1 tahun sudah menapai 5 jutaan bahkan ada yang menjualnya hingga 10 juta. Sementara, anak usia 6 bulan saja, sudah menembus angka 4 juta, dari sisi ekonomi memang cukup menguntungkan.

Dagingnya Cukup Tebal Sehingga Menguntungkan


Keuntungan dalam memelihara hewan satu ini adalah dagingnya sendiri yang cukup tebal dan cita rasanya juga enak. Biasanya dimanfaatkan oleh beberapa hotel berbintang untuk membuat berbagai menu.
Sayangnya, dombos ini sudah mulai menurun populasinya. Karena, bulu dan dagingnya yang bagus membuat permintaan banyak sementara sistem perawatannya terkadang asal, jadi menurunkan kualitas, walau sampai sekarang masih ada peternaknya.
Hanya saja, untuk memenuhi permintaan yang semakin tinggi, dan minat beternak di kalangan muda menurun. Bisa saja domba Wonosobo atau dombos ini akan berkurang, maka dari itu budidaya mulai digalakkan.




Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
081321041491
kandankoewangofficial@gmail.com
@2020 Kandank Oewang Official